Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Asam Lambung Naik.


Asam lambung naik tidak hanya menimbulkan mual tapi juga sesak napas. Selain itu naiknya asam lambung juga sangat berbahaya jika terjadi secara terus menerus karena dapat merusak tenggorokan bahkan memicu kanker.

Untuk itulah jika anda memiliki riwayat asam lambung sebaiknya segera mencari pengobatan supaya tidak bertambah parah. Dalam artikel ini kami akan memberikan solusi alami untuk membantu meringankan gejala sesak nafas karena asam lambung yang naik.

Sekilas tentang asam lambung naik.
Makanan yang kita konsumsi sementara akan disimpan pada lambung. Setelah kita mengunyah makanan dan ditelan akan masuk ke kerongkongan dan memasuki lambung. Dibagian atas lambung terdapat semacam pintu masuk untun makanan dan minuman berupa cincin otot sphincter yang akan menutup dan membuka secara otomatis ketika makanan ditelan.

Untuk mencerna makanan tersebut perut akan memproduksi asam dan enzim untuk membantu pencernaan makanan. Orang yang mengalami kenaikan asam lambung biasanya disebabkan karena lemahnya otot sphincter yang tidak dapat menutup dengan rapat sehingga pada keadaan tertentu maknan yang telah kita telan akan naik kembali ke kerongkongan.

Makanan yang telah tercampur dengan zat asam dan naik ke kerongkongan akan menimbulkan rasa pahit atau asam di lidah serta sensasi terbakar di dada dan ulu hati yang menyebabkan berat katika mengambil nafas.

Penyebab sesak nafas karena GERD
Lemahnya otot sphicter bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan reflux asam lambung sampai menimbulkan sesak nafas. Nyatanya ada banyak faktor lain yang bisa memicunya, sepeti:

> Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak atau pedas.
> Kelebihan konsumsi kopi, coklat, alkohol atau rokok.
> Wanita hamil, pengaruh stress, penderita obesitas.
> Pengaruh konsumsi obat tertentu.

Keluhan yang sering muncul pada penderita penyakit GERD adalah rasa nyeri terbakar dibelakang tulang dada (heartburn) yang menyebar ke leher, umumnya terjadi 30-60 menit setelah sarapan. Kemudian berasa seperti ada makanan atau minuman berbalik ke mulut sehingga mulut terasa asam dan pahit. Keluhan ini juga sering terjadi pada malam hari, karena saat berbaring kemungkinan asam lambung membalik ke atas lebih mudah terjadi.

Selain itu, Tingginya asam lambung juga bisa menyebabkan Kesulitan Bernafas, karena asam lambung dapat mempersempit saluran pernafasan dan mengakibatkan peradangan jika masuk ke saluran nafas. Itulah sebabnya penderita sering mengalami sesak nafas atau berat ketika mengambil nafas.

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mencegah asam lambung mengalami kenaikan :

> jangan berbaring atau membungkuk sekiranya 4 jam setelah makan.
> Tidur dengan posisi kepala tinggi.
> Mengurangi makanan pedas, berlemak dan yang mengandung gas.
> Berhenti merokok, minum alkohol dan kurangi konsumsi kopi.
> Makan teratur dengan porsi kecil tapi sering.
> Hindari pakaian ketat.

Artikel Terkait Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Asam Lambung Naik. :